Desain Mini Bar

       Menghadirkan ruang santai dalam rumah bisa beraneka ragam. Salah satunya dengan membuat minibar. Area ini bisa sebagai tempat ngobrol santai atau sekadar minum-minum. Bagaimana mendesainnya? Anda bisa menempatkan beberapa furniture alternatif di sekitar ruang minibar anda. Namun, biasanya karena pengaruh lingkungan, budaya, kondisi sosial, serta gaya hidup sang penghuni. Minibar memang bukan desain umum untuk hunian Indonesia. Namun, kehadirannya bisa dioptimalkan dan multifungsi. Rumah yang dibangun karena pengaruh budaya, salah satu contohnya adalah yang memiliki minibar. Sebagaimana diketahui, minibar umumnya terdapat di rumah-rumah di Barat. Cuaca dingin memungkinkan masyarakat di sana menerapkan konsep minibar yang kerap dijadikan tempat untuk meneguk minuman penghangat badan seperti wine.

      Kehadiran sebuah mini bar pada desain hunian di Indonesia bukanlah hal baru. Pada era 1960-an, rumah berdesain gaya Eropa telah megadopsi mini bar sebagai bagian dari ruang makan atau pantry. Sesuai dengan namanya, minibar merupakan salah satu spot di dalam rumah yang secara desain dan bentuknya menyerupai bar, tapi dengan bentuk yang lebih kecil (mini). Tempat ini memang biasa dijadikan area untuk sekadar minum-minum sambil mengobrol sebagai alternatif ruang makan. Perhatikan beberapa contoh Minibar dari  Bet Profesional Interior yang berhasil kami rangkum dibawah ini:

 

      Anda juga bisa bermain aksen dengan desain stool atau bangku tinggi yang biasa ditempatkan di depan meja bar. Pilihan desainnya dan warnanya sangat bervariasi. Anda tinggal menyesuaikannya dengan desain interior rumah secara keseluruhan.

      Adanya mini bar terkait dengan gaya hidup pemilik rumah yang gemar menjamu tamunya. Dengan membuat mini bar di rumah, Anda tak perlu pergi ke bar atau klub. Namun kini mini bar memiliki fungsi yang lebih luas. Tak cuma sebagai tempat nongkrong menikmati minuman, mini bar juga bisa menjadi tempat yang praktis untuk sarapan. Mini bar juga bisa menjadi sudut yang menarik atau focal point untuk interior sebuah hunian. Desain mini bar yang pas akan membuat rumah Anda terlihat makin unik. Area ini bisa berfungsi sebagai galeri mini.

     Bentuk dan desain mini bar makin beragam. Ada yang berbentuk persegi, melingkar, segi enam dan sebagainya. Sedangkan desainnya, bisa bermain material dan warna. Bisa menggunakan material kayu dengan sentuhan gaya tradisional, gaya klasik yang elegan, penggunaan stainless steel yang berkesan high-tech, ataupun gaya retro yang lebih simpel.

       Di Indonesia, banyak  rumah yang di dalamnya dilengkapi minibar. Namun, kebanyakan tidak akan  berfungsi  sebagaimana  mestinya.  Minibar  biasanya identik dengan tempat penyajian minuman beralkohol. Namun, fungsinya  kini bisa berubah atau disesuaikan dengan  kebutuhan  masing-masing  penghuni rumah. Misalnya saja, tempat minum kopi saat sarapan atau bersantai dengan tamu yang tidak terlalu formal. Minibar merupakan salah satu tempat menjamu tamu di mana lokasinya diletakkan   berdekatan dengan ruang makan, dengan pantry maupun  ruang keluarga.  Kehadiran minibar akan menambah suasana santai dan rileks di dalam rumah.

       Rak di belakang area mini bar bisa difungsikan untuk memajang koleksi pernik Anda misalnya botol antik, kristal dan sebagainya. Untuk dindingnya, Anda bisa menghiasnya dengan keramik atau bisa dengan gambar-gambar unik yang dipasang dengan bingkai. Aksen ini mengingatkan pada suasana bar gaya retro.

Sebelum mendesain mini bar di rumah Anda, perhatikan tips berikut ini.
- Sesuaikan ukuran mini bar dengan luasan lahan. Jika area interior cukup luas, Anda bisa membuat mini bar yang cukup besar. Tapi jika luasannya terbatas, buatlah mini bar yang ringkas atau satukan dengan area pantry agar tak membuat ruangan terasa sesak.

- Hidupkan area mini bar Anda dengan aksen pencahayaan yang dramatis. Misalnya dengan menggunakan lampu sorot atau bisa juga dengan sistem pencahayaan indirect lighting.

- Agar suasana minibar lebih segar, jangan lupa meletakkan tanaman hidup atau bunga segar.Lampu gantung dengan bentuk yang unik bisa menjadi aksen di mini bar Anda.

      Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat menjadi inspirasi buat anda saat anda memeutuskan untuk membuat mini bar di rumah anda. Anda bisa menghubungi bagian pemasaran kami untuk mendapatkan informasi lainya tentang konsep-konsep mini bar atau interior rumah lainya.

One thought on “Desain Mini Bar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>