Cara Memilih Warna Wallpaper

      Banyak orang memilih untuk mengecat ulang tembok rumah ketika mendekati lebaran idul fitri atau idul adha. Renovasi yang satu ini mungkin tidak menghabiskan banyak biaya, namun akan menyita banyak waktu dan tenaga karena sering kali spatter (percikan cat) mengotori rumah Anda. Jika tak ingin ribet, kenapa Anda tak coba memanfaatkan wallpaper. Meskipun relatif mahal bagi sebagian orang, namun wallpaper menawarkan berbagai kemudahan untuk para pemilik rumah, mulai kepraktisan karena pemasangannya tak butuh waktu lama, hingga kebersihan karena dijamin Anda tak akan repot bersih-bersih rumah setelah pemasangan wallpaper selesai. Kreasi wallpaper tak sebatas bermain di warna, corak, dan motif.

      Bagi Anda yang memiliki dana relatif terbatas, wallpaper juga bisa Anda kombinasikan dengan cat tembok. Bahkan, jika kombinasinya tepat, Anda mungkin akan menciptakan suasana ruangan yang lebih fresh tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Kombinasi ruangan antara cat tembok dan wallpaper bisa digunakan baik untuk ruangan berukuran kecil maupun besar. Wallpaper diletakkan di satu sisi ruangan. Sementara sisi lain menggunakan cat tembok polos. Jangan menempatkan wallpaper bermotif di seluruh ruangan karena akan memberikan kesan sempit. Pemilihan wallpaper menurut  desainer kami  harus memperhatikan beberapa aspek. Selain ukuran ruangan, interior lain juga perlu diperhatikan mulai dari jenis lantai, furniture, hingga korden yang ada di ruangan tersebut.
      Untuk dinding ruangan dengan plafon rendah, kami menyarankan untuk memilih wallpaper yang berbentuk vertikal. Bentuk ini akan menyulap ruangan yang kecil dan pendek menjadi terkesan tinggi. Buat plafon berwarna terang untuk menciptakan kesan tinggi. Jika ruangan sempit, namun plafon tinggi maka kami menyarankan untuk memilih wallpaper motif horizontal dengan warna terang untuk menciptakan kesan panjang. Sementara untuk warna plafon, sebaiknya memilih warna lebih gelap ketimbang dinding.

9           10

     Ada banyak alasan orang melapisi dinding rumah dengan kertas pelapis dinding. Wallpaper menjadi sarana untuk mendapatkan kesan dinding lebih ekspresif. Corak, motif, dan warna wallpaper yang sangat beragam membuat dinding menjadi lebih hidup. Selain praktis dam ekspresif, wallpaper juga lebih tahan lama ketimbang cat tembok biasa. Jika dilihat dari ketahanannya, wallpaper juga bisa dikatakan lebih tahan lama, untuk wallpaper kualitas bagus, ketahanannya bisa mencapai delapan hingga 10 tahun.

11

 12

       Sementara untuk cat tembok biasanya hanya bertahan sekitar dua tahun, ungkap desainer kami. Banyaknya corak dan motif wallpaper membuat orang harus menggunakan insting seni agar bisa memadu padankan motif wallpaper dengan ruangan. Sama halnya dengan dunia mode, wallpaper pun mengenal tren yang disesuaikan dengan gaya rumah. Untuk rumah klasik, misalnya, bisa dipilih motif Victorian seperti bunga-bunga

1

2

      Sebaliknya, untuk rumah minimalis, pilihan yang pas adalah warna terang. Sementara jika rumah Anda bergaya oriental, warna yang bernuansa gold merupakan pilihan jitu. Kebanyakan orang memilih motif minimalis, karena memang kebanyakan rumah sekarang mengambil tema itu, sederhana tapi terlihat modern, ucap para desainer kami. Wallpaper minimalis modern biasanya didominasi warna-warna natural seperti putih, abu-abu, silver, krem, cokelat hingga ungu. Motif dan coraknya biasanya tak terlalu kentara dan relatif sederhana, misalnya saja berbentuk garis vertikal bahkan ada juga yang polos.

 3

4

       Wallpaper minimalis kebanyakan berwarna terang, ini untuk menyiasati ruangan yang kecil. warna terang akan membuat ruangan jadi terlihat luas, Untuk rumah minimalis yang dengan ruangan sempit, arsitek kami menyarankan untuk memilih wallpaper berwarna terang denagn corak dan motif yang kecil. sedangkan jika memiiki ruang luas, maka penghuninya memiliki kebebasan untuk bereksplorasi dengan warna gelap dan corak yang besar. Kalau rumah sempit, diberi warna gelap, jadinya terlihat makin sempit, imbuh desainer kami.

  5

      Memilih wallpaper juga membutuhkan keterampilan. Karena itulah, kami menyarankan untuk pemula, sebaiknya menggunakan jasa konsultan desain interior ketika hendak memasang wallpaper. Di Palembang, kami menyediakan konsultan, yang akan membantu mencarikan wallpaper yang cocok untuk masing-masing ruangan, tegas Desainer kami. Hal ini memang penting, sebab menurut  kami, setiap ruangan dalam rumah memiliki fungsi berbeda, karena itulah wallpapernya pun berbeda pula. Sebagai contoh antara ruang tidur orang dewasa dan anak-anak. Jika orang dewasa lebih memilih motif simple, tapi kalau anak-anak harus dibuat lebih berwarna-warni yang mampu memancing kreativitas mereka.

6

    Setelah memasang wallpaper, kini saatnya Anda mengetahui cara membersihkan yang baik dan benar agar tetap awet dan terawat. Jangan berisiko merusak dinding indah, selalu ikuti instruktur perawatan yang tepat untuk wallpaper Anda. Untuk menentukan jenis perawatan yang tepat, Anda perlu mengetahui bahan dasar wallpaper. Dewi menjelaskan, dilihat dari jenis bahannya, wallpaper ada beberapa macam yaitu kertas, vinyl, textil dan bahan natural.  Bahan natural contohnya seperti anyaman bambu atau bebatuan. Dari empat jenis bahan tersebut, paper dan vinyl adalah jenis yang paling banyak digunakan. Bahan vinyl memiliki daya tahan dan keawetan yang lebih besar ketimbang kertas. Dari segi perawatan dia juga lebih mudah. Ada beberapa teknik perawatan wallpaper yang bisa diaplikasikan pemilik rumah. Peralatannya pun sederhana, hanya menggunakan kemoceng atau lap basah.

KEMOCENG

     Alat ini hanya digunakan untuk mengusir debu. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam agar debu terpusat pada satu titik bersihan. “Kemoceng atau lap kering bersih cocok digunakan untuk jenis wallpaper berbahan kertas, jelas desainer kami.

7

LAP BASAH

      Penggunaan lap basah bisa diaplikasikan pada wallpaper berbahan vinyl yang memang lebih kuat ketimbang bahan kertas. Wallpaper berbahan ini bahkan bisa dibersihkan dengan air sabun. Di Bet Profesional Interior  juga punya wallpaper vinyl dengan bahan fabric back. Bahan ini memungkinkan wallpaper bisa dilepas dan dipasang kembali, tanpa merusak tembok. Desain kami  menjelaskan, wallpaper yang dilapisi vinyl memiliki lapisan akrilik di atas permukaannya, sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab dan lebih toleran dalam proses pembersihan. Hanya saja, Anda harus menghindari penggunaan alat pembersih abrasif, spons kasar, atau batu apung karena akan menyobek lapisan vinyl wallpaper ini.

JERUK NIPIS

       Bahan alami ini sangat ampuh untuk membasmi noda membandel. Maka, bila wallpaper Anda tanpa sengaja terkena percikan noda, seperti bekas minuman, kecap, dan kotoran lainnya yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis. Setelah diperas, masukkan air perasan ke dalam air hangat dan gosokkan pada dinding wallpaper menggunakan spon lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian lap bekas gosokan spon memakai kain halus kering. Khusus wallpaper berbahan kain, Anda dapat menggunakan sikat dengan perasan air hangat dan jeruk nipis.

DRY CLEANING

      Sebagai sentuhan akhir membersihkan wallpaper, Anda dapat menggunakan dry cleaning untuk mengeringkan dengan segera kertas dinding Anda ini. Hal yang harus Anda lakukan adalah menjaga kecerahan warnanya. Dry cleaning juga bisa diaplikasikan sesekali untuk wallpaper tekstil.

      Semoga sajian kami di atas bermanfaat dan dapat memberikan insfirasi buat anda yang ingin memberi warna dinding ruangan anda dengan bahan Wallpaper. Anda dapat menghubungi marketing kami untuk informasi lainya mengenai desain interior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>